Lampung Timur, (SMSI) noktah.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Ir. Mochammad Yusuf diduga ragukan kemampuan memimpin Alumnus Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN/IPDN). Sabtu, (18/9).

Hal tersebut dikatakan oleh Sekda diruagannya di komplek perkantoran Pemerintahan Kabupaten Lampung Timur. “Nanti kita uji dulu, mana yang lebih bagus, dari Guru atau lulusan STPDN/IPDN yang berbasis kinerjanya mana yang lebih baik”, ujar Sekda diruagannya, Selasa (14/9), pukul 13.10 WIB.

Lanjutnya, kami beranggapan, pengangkatan Kepala Sekolah menjadi Camat tersebut setara dengan jabatan Struktural Ekselon IIIB. Namun dari sisi lain kami juga mempertimbangkan adanya partisipasi dari masyarakat dari kinerja yang bersangkutan.

“Itu saya pandang setara, bahkan Kepala Sekolah bisa jadi Kepala Dinas apabila kepangkatannya sudah memenuhi”, tutup Sekada.

Menanggapi statemen tersebut, Ketum LSM GIPAK dan Ketum NGO-GMC mengatakan, bahwa Sekda Kabupaten Lampung Timur diduga berkata yang tidak masuk akal, karena Alumnus IPDN dilahirkan menjadi seorang birokrat sekaligus ilmuan. Yang nantinya akan menjadi bagian unsur penting dalam memperkuat Pemerintah.

“Alumnus IPDN itu unsur penting dalam memperkuat pemerintahan, bagaimana bisa, Sekda Lampung Timur meragukan kemampuan memimpin mereka, sudah tidak masuk akal pemikiran ini”, kata Arif dan Firdaus

Merka melanjutkan, tentang pelantikan seorang Kepala Sekolah menjadi Camat, itu jelas menyalahi Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2017 yang telah diperbaharui dalam Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

“Itu kan jelas menyalahi aturan, dalam undangan mereka bahwa Peraturannya tentang Manajemen PNS, namun pada kenyataannya mereka melanggar aturan tersebut, mengapa, karena Jabatan Kepala Sekolah tersebut merupakan Jabatan Fungsional, yang menurut Pasal 54 poin D, menyebutkan bahwa persyaratan untuk diangkat Jabatan Administrator memiliki pengalaman pada Jabatan Pengawas paling singkat 3 tahun. Atau Jabatan Fungsional yang setingkat dengan jabatan pengawas sesuai dengan bidang tugas jabatan yang akan diduduki”, tutup kedua Ketum tersebut.

 

Penulis. Denny

By admin