Metro – Satuan Reserse Kriminal Polres Metro mengamankan MA seorang bocah 15 tahun yang diduga sebagai pelaku pembobolan warung kopi di pusat Pertokoan Sumur Bandung, Kecamatan Metro Pusat, yang dilakukan pada 14 April 2020 silam.

Kapolres Metro, AKBP Retno Prihawati, melalui Kasat Reskrim, AKP Andri Gustami mengungkapkan, tersangka merupakan warga Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro. Dan ditangkap pada Senin, 24 Mei 2021 disalah satu warnet sekira pukul 17:00 WIB.

“Tekab 308 akhirnya langsung mengamankan pelaku berikut barang buktinya ke Polres Metro,” kata AKP Andri, Sabtu (29/5/2021).

AKP Andri menjelaskan, modus yang dilakukan tersangka tersebut adalah dengan merusak gembok kedai kopi lalu masuk dan mencuri barang dagangan yang ada di dalamnya.

“Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian yang ditaksir senilai Rp12 juta,” jelasnya.

Dalam aksinya, pelaku yang merupakan residivis atas kasus pencurian itu menggondol 25 Slop atau pack rokok berbagai merek, satu tabung gas ukuran 3 Kg dan celengan plastik berisi uang.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan ialah linggis yang digunakan pelaku untuk mendongkel gembok, dan pakaian yang digunakan pelaku dalam melakukan tindak pidana pencurian.

Dari data yang dihimpun Noktah. Id, pelaku dengan tato bergambar Persib di dada bagian kanannya itu pernah ditangkap atas kasus pencurian dengan membobol rumah di Jalan Letkol KH. A. Yasin No. 06 RT/RW 028/006 Kelurahan Imopuro, Kecamatan Metro Pusat pada 21 Juli 2020.

Saat itu, tersangka yang masih berusia 14 tahun diamankan Polisi pada 26 Agustus 2020 sekira jam 10.00 WIB di Candi Mas Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara.

Setelah menjalani hukuman dan bebas, bocah terduga pencuri itu kembali diamankan polisi atas kasus pencurian lainnya yang berhasil diungkap Tekab 308 Polres Metro.

Kini ia terpaksa kembali berurusan dengan polisi dan terancam merasakan dinginnya jeruji besi di Lapas Anak. Ia disangkakan pasal 363 KUHPidana dengan hukuman maksimal 7 tahun penjara.

 

Penulis : Hermansyah

By admin