METRO (9/4/2021) – Hujan deras disertai angin kencang melanda kota Metro Kamis malam, 8 April 2021, mengakibatkan sejumlah pohon yang terdapat di kota itu tumbang. Bahkan beberapa diantaranya menimpa bangunan kantor dan rumah warga.

Dari informasi yang dihimpun Noktah. Id, dilapangan dua batang pohon berukuran sedang menimpa kantor komite olahraga nasional Indonesia (KONI) kota Metro di kawasan stadion Tejosar Metro Selatan. Diduga, tumbangnya pohon akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Bumi Sai Wawai malam tadi.

Sekertaris, KONI Kota Metro Arif Budi Sulistyo menyampaikan, akibat pohon tumbang tersebut kantornya mengalami kerusakan di bagian atap bangunan.

“Saya dapat telpon jam 9 pagi tadi kalau kantor kita tertimpa pohon, saya langsung cek ke lokasi dan melihat dua pohon sudah menimpah kantor kami. Ini jenis pohonnya akasia, yang rusak genteng dan pelafon yang jebol. Kami memperkirakan karena hujan dan angin kencang tadi malam sehingga pohon ini rubuh,” kata Arif kepada Noktah. Id, Jum’at (9/4/2021).

Sementara, badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kota Metro melakukan evakuasi pohon tumbang sejak malam tadi. Sebanyak 16 personel BPBD Metro dikerahkan ke sembilan titik di empat kelurahan terdampak hujan angin.

Kasi Penanggulangan Bencana BPBD Kota Metro Rachmat mengatakan, sempat mengalami kesulitan dikarenakan keterbatasan tim lantaran pohon tumbang hampir bersamaan.

“Sembilan titik pohon tumbang di Kota Metro, hanya dalam waktu kurang dari dua jam. Butuh waktu sedikitnya empat jam untuk mengevakuasi pohon tumbang di sembilan titik, dikarenakan minimnya personel,” ujar Rachmat saat menceritakan proses evakuasi pohon tumbang Kamis malam.

Dari sembilan titik pohon tumbang, Rachmat menyampaikan, terdapat satu pohon yang menimpa rumah warga.

“Pohon yang menimpa rumah warga hanya satu dan tidak ada korban jiwa maupun luka. Telah kami berikan bantuan ganti rugi berupa material, genteng, asbes atau penutup rumah senilai kurang lebih Rp 500 – 1 juta rupiah. Ada kabar satu orang tersengat listrik akibat pohon tumbang, namun tidak ada laporan resmi dari personel kami di mana lokasi pasti kejadiannya”. Ujarnya

Rachmat menambahkan, berdasarkan data yang ia terima semalam, terdapat delapan titik pohon tumbang yakni di jalan Sultan Syahrir tugu bola 24 Tejosari, jalan budi utomo Selatan kelurahan Margodadi, tepi irigasi dua pohon, di perbatasan kelurahan Tejosari dan Rejomulyo, perumahan bank eka di Yosomulyo, di SMK N 4 dan di kelurahan Karangrejo, Metro Utara.

Rachmat juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem yang mengakibatkan pohon tumbang.

“Sekiranya ada pohon yang rawan tumbang, bisa segera menghubungi dinas perumahan dan pemukiman kota Metro, agar segera dilakukan pemangkasan untuk mengantisipasi pohon tumbang di cuaca ekstrem”. tandasnya

Diketahui, hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Metro sejak Kamis (8/4/2021) kemarin, mulai pukul 18.30 WIB hingga 20.00 WIB mengakibatkan sejumlah pohon besar tumbang. Akibatnya, sejumlah ruas jalan mengalami kemacetan dan sejumlah bangunan mengalami kerusakan.

Penulis : Hermansyah

Editor : Afr

By admin