Lampung Timur (23/4/2021) – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang seyogyanya tiada campur tangan permerintahan desa, di Lampung Timur di indikasi justru terjadi sebaliknya. Dari 24 kecamatan di Lampung Timur, di beberapa kecamatan ditemukan selebaran yang diduga dibagikan oleh suplayer Putra Jabung Madani (PJM). Pada secarik kertas itu, di poin nomor 7 disebutkan Corporate Social Responbility (CSR) kades (kepala desa) sebesar lima ribu rupiah per KPM didesanya.

CSR sebesar itu, diduga menjadikan beberapa kepala desa di Lampung Timur membuatnya ikut campur dalam menentukan pihak ketiga sebagi penyedia BPNT yakni di kecamatan Jabung, kecamatan Pasir Sakti, kecamatan Melinting, kecamatan Marga Sekampung, beberapa desa di Labuhan Maringgai, beberapa desa di kecamatan Mataram Baru, dan beberapa desa di kecamatan Way Jepara.

Humas PT. Putra Jabung Madani, Baromi saat dikonfirmasi dikantornya beberapa waktu yang lalu mengatakan jika CSR yang tertulis dikertas bukan CSR untuk kepala desanya. Melainkan, kepala desa nya mengusulkan. Apa saja yang diusulkan, kami layani.

“Hanya sekedar itu. Kalau CSR sebesar itu, mungkin hanya batasan maksimal kalau mereka ada kegiatan. Tapi, itu sesuai usulan mereka”. Katanya

Meski demikian, menurut Usman, humas PT. PJM lainnya, menyangkal jika selebaran itu dibagikan oleh pihaknya. Dia justru menduga jika pesaing bantuan sosial lainnya yang mendistribusikan kepada e-warung di Lampung Timur.

“Kami tidak tahu perihal selebaran itu, bisa jadi itu dari pesaing usaha kami”. Ujarnya

Kendati begitu, beberapa e-warung mengatakan jika selebaran itu justru dibagikan oleh utusan dari PT. Putra Jabung Madani saat mencoba cari panggung sebagai penyedia bantuan pangan.

“Beberapa kali mengadakan pertemuan dengan Putra Jabung Madani. Kertas Selebaran itu mereka yang memberikan. Kami pun sudah ke kantornya di Bandar Sribhawono. Pada pertemuan ke dua, kepala desa justru sudah menanti kami disana”. Kata salah satu e-warung

Kekinian, percakapan melalui jejaring Whatsapp salah satu e-warung di salah satu kecamatan di Lampung Timur, bocor hingga ke meja redaksi Noktah.id. Dari percakapan itu, diketahui jika e-warung mengingatkan suplayer untuk segera memberikan jatah kepala desa.

 

Penulis : Firdaus/Wahyu Afriansyah

By admin